Beruang Madu dan Fakta Tentang Betapa Uniknya Hewan Ini

Beruang madu di alam bebas
Beruang madu merupakan beruang terkecil diantara jenis beruang lain, tinggal di hutan dataran rendah di asia tenggara, Beruang ini ditemukan dari cina selatan sampai ke india timur, dan juga sampai ke indonesia, beruang madu juga disebut sebagai Beruang Malaya, Jenis beruang ini memiliki otot yang kekar, telinga yang kecil, dan moncong yang pendek, di amerika mereka memiliki julukan sebagai "dog bear" atau beruang anjing. Bentuk beruang ini lebih ramping dari beruang lainnya, mereka memiliki tubuh yang ramping dan bulu yang hitam.

Beruang madu tumbuh hanya sekitar setengah dari ukuran beruang hitam amerika yang bahkan lebih kecil dari beruang coklat atau beruang kutub yang merupakan jenis beruang terbesar yang memiliki julukan karnivora terbesar di dunia, ukuran berung madu jantan sedikit lebih besar dari betina, tingginya hanya sekitar 1.5 meter, dan beratnya hanya sekitar 70 Kg, tubuh yang sesuai dengan gaya hidup beruang madu, memungkinkan mereka untuk bisa bergerak bebas diantara pohon-pohon, mereka bahkan pernah diamati membuat tempat tidur yang tinggi di atas pohon. (hewan yang pintar).

beruang madu di malam hari
Beruang madu aktif di malam hari, mereka memakan buah-buahan, akar, serangga, burung kecil, kadal, dan juga hewan pengerat. Mereka memiliki penciuman yang sangat baik dan memiliki cakar yang panjang yaitu sekitar 10 cm yang mereka gunakan untuk merobek kulit kayu untuk mencari sarang rayap. Mereka juga memiliki lidah yang sangat panjang, yang berfungsi untuk memakan madu dari sarang lebah, inilah kenapa beruang madu di panggil dengan nama beruang madu.

Hanya sedikit yang diketahui tentang kehidupan sosial beruang madu, tapi ada beberapa bukti yang menunjukan bahwa beruang madu itu hanya memiliki satu pasangan hidup alias monogami. Ibu beruang madu ketika akan melahirkan membuat sarang di tanah dan melahirkan satu atau dua bayi beruang madu yang masih buta. Bayi beruang madu beratnya hanya sekitar 11 Ons. Ibu beruang memindahkan anaknya dengan cara menggendong anaknya di lengan mereka dan hanya berjalan dengan kaki belakang mereka, salah satu sifat unik yang dimiliki oleh beruang. Bayi beruang dapat bergerak setelah dua bulan dan disapih pada umur empat bulan, tetapi anak beruang madu hidup dengan ibunya selama dua tahun atau lebih.

anak beruang madu dijadikan peliharaan
Karena habitat yang sulit di jangkau dan sifat yang pemalu, sulit mengkategorikan beruang madu dalam bahaya kepunahan atau tidak, tapi para ilmuan sangat khawatir akan keadaan beruang madu ini, karena habitat mereka yang mulai hilang dengan cepat, pemburu yang menginginkan bulu dan bagian tubuh lainnya, petani yang memburu beruang karena menganggap beruang madu adalah hama, Beruang madu betina yang sudah dewasa juga sering diburu untuk dibunuh kemudian diambil anaknya dan dijual untuk dijadikan hewan peliharaan.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Beruang Madu dan Fakta Tentang Betapa Uniknya Hewan Ini"

  1. yuk di coba keberuntungan anda di ionqq_N3t| untuk menambah isi dompet di tahun baru ini.. p1n bb:*58ab14f5*

    BalasHapus